ARTIKEL TERKAIT

Pemanfaatan lingkungan sekitar untuk media pembelajaran


KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan.
Dalam kesempatan ini, penulis menyusun sebuah makalah mengenai Media Pembelajaran Matematika tentang pemanfaatan bamboo sebagai media Pembelajaran. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai Media Pembelajaran Matematika.    Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah pembelajaran matematika III di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado.
Penulis menyadari seutuhnya makalah ini masih banyak memiliki kekurangan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan akan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca khususnya pengajar demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini di masa mendatang.



Tomohon, Mei 2016

Penulis











i

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu dasar peningkatan pendididkan secara keseluruhan. Mutu pendidikan sangat tergantung kepada kualitas guru dan pembelajarannya, sehingga peningkatan pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan mutu pendidikan secara rasional.
Pembelajaran yang bernilai edukatif diwarnai dengan interaksi yang terjadi antara guru dan anak didik. Interaksi guru dan anak didik tersebut perlu mendapat dukungan dari media intruksional atau pendidikan secara luas, tepat, dan efektif.
Di era globalisasi seperti sekarang ini, disadari atau tidak pengaruhnya semakin terasa dengan semakin banyaknya saluran informasi dalam berbagai bentuk media. Media telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita, meskipun dalam derajat yang berbeda-beda. Di negara maju, media telah mempengaruhi kehidupan hampir sepanjang waktu. Waktu terpanjang yang paling berpengaruh itu adalah waktu yang digunakan di dunia pendidikan khususnya untuk sekolah.
Dalam hal itu para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.

B.     Rumusan Masalah
Makalah ini terfokuskan pada beberapa masalah yang akan dibahas penulis yaitu:
1.              Apakah  pengertian dari media pembelajaran ?
2.              pemanfaatan lingkungan sekitar
3.              Cara pengunaan media
4.              Cara pembuatan media
C.      Tujuan penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu :
1.    Memberikan informasi mengenai media pembelajaran matematika
2.    Sebagai bahan pembelajaran dan pengkajian bagi mahasiswa dan penulis dalam mengetahui manfaat media, klasifikasi media, prinsip penggunaan media, dan lain sebagainya dalam proses pembelajaran matematika





BAB II
Materi
Pemanfaatan Lingkungan Sekitar
Pemanfaatan lingkungan yang ada di sekitar kita merupakan salah satu cara atau metode dalam belajar bagaimana kita dapat memanfaatkan lingkungan sekitar kita menjadi sumber belajar yang dapat kita manfaatkan secara optimal untuk pencapaian proses pembelajaran dan dengan hasil pendidikan yang berkualitas.
Banyak yang dapat kita manfaatkan dari lingkungan sekitar kita sebagai media pembelajaran. Jadi sebaiknya kita manfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar kita. Karena banyak pelajaran yang langsung dapat kita ambil dari lingkungan kita. Lingkungan di sekitar kita memberi pengaruh yang sangat sebar dalam keberhasilan kita oleh sebab kita harus dapat memanfaaatkan lingkungan disekitar kita dengan sebaik-baiknya.
Keuntungan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran :
1)     Menghemat biaya, karena memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan.
2)      Memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa.
3)      Karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
4)      Media lingkungan memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
Contoh yang saya ambil dalam pemanfaatan lingkungan di sekitar kita salah satunya adalah pemanfaatan bambu dalam pembelajaran matematika yaitu sebagai alat bantu perhitungan penjumlahan dan penggurangan.
Pemanfaatan Bambu
Bambu merupakan media pembelajaran matematika yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar kita. Bambu dapat kita gunakan sebagai alat bantu hitung pada anak kelas satu dan dua sekolah dasar. Sekarang ini banyak alat bantu hitung yang modern dangan harga yang lumayan terjangkau. Tapi bagaimana dengan siswa yang tinggal di pedesaaan atau daerah terpencil, yang jauh dari keramaian kota? Mereka bisa memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran matematika. Mereka tidak memerlukan biaya mahal bahkan tanpa mengeluarkan biaya sekalipun. Pemanfaatan bambu disini dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan.
Berikut ini akan dijelaskan bagaimana pemanfaatan bambu sebagai media pembelajaran matematika.
1.  Pemanfaatan Bambu Pada Konsep Penjumlahan dan Pengurangan
Cara Pembuatan :
1)      Pilih bambu yang sedang atau tidak terlalu besar.
2)      Bersihkan dan potong per ruas bambu yang telah pilih.
3)      Bambu kemudian di belah kecil-kecil dan dibentuk seperti lidi.
4)      Samakan panjang belahan-belahan bambu tersebut sesuai dengan keinginan.
Contoh cara Penggunaan :
1)      Contoh untuk penjumlahan misalkan 10 + 3 = 13. Caranya pertama ambil 10 batang belahan bambu, kemudian kedua ambil lagi 3 belahan bambu.Hitung hasil dari penggabungan keduanya.
2)      Contoh untuk penggurangan misalkan 7 – 2 = 5. Caranya pertama ambil 7 belahan bambu, kemudian karena penggurangan ambil 2 belahan bambu diantara 7 belahan bambu tadi. Sisa dari belahan bambu tersebut merupakan hasil dari contoh soal penggurangan diatas.

2    Pemanfaatan bambu untuk membuat jaring-jaring bangun ruang seperti balok, kubus, limas dan lain-lain.
Meskipun sekarang telah banyak jaring jaring bangun ruang yang terbuat dari plastik dan dijual dengan berbagai harga. Tapi tidak banyak sekolah yang memiliki, jika pun ada tetapi alat peraganya itu terbatas paling-paling satu set alat perga bangun ruang. Sebagai guru, kita bisa mengajak siswa-siswa kita untuk berkreasi membuat jaring-jaring bangun ruang ini dengan memanfaatkan bambu.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara pembuatannya.

1.Bahan dan alat
    a. Bambu
    b. Paku
    c. Tali
d. kertas minyak

2.Tujuan pembuatan
Untuk membuat jaring-jaring bangun ruang seperti balok, kubus, limas dan bangun ruang yang lainnya.

3.Cara Pembuatan
    a.Bersihkan bambu yang ingin kita gunakan.
    b.Beri warna bambu dengan cat sesuai keinginan kita.
    c.Potong bambu sesuai ukuran jaring-jaring bangun ruang yang ingin kita buat.
    d.Perkuat dengan paku tempat terjadinya penyambungan bambu atau titik sudut bangun ruang dan lilit
dengan tali.

Media pembelajaran bangun ruang ini bisa digunakan dalam pembelajaran bangun ruang di SD, SMP, SMA bahkan sampai kuliah. Jika dilihat dari bahan yang digunakan memang murah meriah dan sederhana karena memanfaatkan bahan dari alam dan bisa dibuat oleh tangan kita sendiri walaupun sekarang ini telah banyak media-media pembelajaran bangun ruang yang baik.
















BAB III
PENUTUP

A.           Kesimpulan
Media pembelajaran adalah bahan, alat, maupun metode/teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukatif antara guru dan anak didik dapat berlangsung secara efektif dan efesien sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah dicita-citakan. Dalam Suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran.
B.            Saran

Media pembelajaran sangat membantu pendidik guna mempermudah penyampaiaan materi. Agar peserta didik nyaman dan dapat menerima materi, seorang pendidik haruslah berkreasi menyajikan materinya dengan bentuk yang unik serta manarik minat dan penasaran para peserta didiknya dan menyesuaikannya dengan tiap-tiap peserta didik.




Gambar Menyusul... :D


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17.40

0 komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERBARU

Diberdayakan oleh Blogger.